CARA MENCUCI PAKAIAN SAAT KELUARGA TERPAPAR COVID-19

Ilustrasi mencuci pakaian (doc. istockphoto/kmatlja)
Ilustrasi mencuci pakaian (doc. istockphoto/kmatlja)

Saat ini, rumah sakit di Indonesia sedang penuh dengan pasien penderita Covid-19. Namun, bagi pasien yang bergejala ringan dapat tetap melakukan isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan petugas kesehatan.

“Namun situasi saat ini banyak rumah sakit yang penuh, bahkan di rumah sakit diminta pulang lagi yang dianggap bisa isoman, itu rentan sekali timbulnya klaster keluarga,” ujar dr. RA. Adaninggar selaku dokter spesialis penyakit dalam, dilansir dari CNNIndonesia.

“Jadi ya tetap, orang yang sakit harus mengontrol diri. Kalau rumahnya terbatas, dia yang harus super hati-hati. Harus pakai masker 24 jam, harus bisa menjaga jarak dengan keluarganya, misal yang paling sulit dengan anak, dia harus tetap lakukan, enggak boleh kontak fisik.” Imbuhnya.

Badan kesehatan dunia atau yang biasa dikenal dengan WHO memberikan tips bagaimana cara mencuci pakaian saat anggota keluarga kita terpapar Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri di rumah.

  1. Cuci pakaian pasien Covid-19 secara terpisah dengan pakaian yang lainnya.
  2. Gunakanlah sarung tangan heavy-duty pada saat mencuci pakaian pasien.
  3. Tidak menyandarkan pakaian kotor pada tubuh Anda.
  4. Kikis kotoran pasien seperti muntahan dan muntahan pasien dengan benda yang kuat serta. buang ke dalam toilet, masukkan cucian kotor pasien ke dalam wadah.
  5. Cuci dan disinfeksi pakaian kotor pasien. Apabila memungkinkan, gunakan mesin cuci dengan suhu 60 hingga 90 derajat celcius.
  6. Mencuci tangan Anda setelah mencuci pakaian pasien yang terpapar Covid-19.

[sources : CNNIndonesia]

Related Post

Latest Post